Bakso… Meatballs…

baksoSalah satu makanan favoritku itu Bakso. Berhubung asliku di malang, makanya udah gak asing lagi sama yang namanya bakso. Oyah, malang itu bener-bener jadi kota bakso lho… Cz banyaaaaaaaaak banget jenis bakso disini. Makan bakso bisa dibilang termasuk salah satu hobi. Emm… gak tau kenapa yaah? Sukaaa banget makan bakso. Oiya, kalo di malang itu baksonya lengkap, ada macem-macem gak Cuma bakso ajah. NI aku coba bagi jenis bakso yang ada di malang plus tempatnya. Buat yang mau wisata kemalang bisa lho ini dicoba…

§  Bakso Cakman : Bakso ini bakso terbesar di malang yang franchise-nya udah mulai melebar sampai ke jakarta. Oyah, bakso Cakman termasuk mahal di malang cz harga perbuahnya Rp.1000 -1500. Tapiiiiii… ternyata Bakso Cakman yang dijual diluar kota Malang malah lebih mahal cz harganya Rp.2000-Rp.5000 perbuah (waaaw….). Bakso Cakman ada di jalan sukarno hatta, depan SMP 5 (depan patung)

§  Bakso Damas : Bakso Damas tempatnya byasa banget, tapiiiiiiiiiiiiii rasanya nyummy. Kalo dulu pertama kali ke Bakso Damas baksonya gede-gede, tapi sekarang kayanya mengecil porsinya cz Bakso Damas berusaha gak menaikkan harga tapi malah mengecilkan ukuran. Heem.. bener juga yaaa.. kalo harga naik bisa berkurang pelanggannya… Bakso Damas tempatnya di ujung Soekarno Hatta (hampir ke pesawat)

§  Bakso Prima : Menurut cerita, katanya yang punya Bakso Prima itu dulu pernah kerja di Bakso Damas n alhirnya memutuskan buat bikin usaha bakso sendiri. Tapi ternyata baksonya ini ndak kalah enaak. Malah menurutku aku paling suka makan bakso Prima dibanding Cakman n Damas (opinii tidak bermaksud memberikan rekomendasi lho yaa… hanya sebatas opini pribadi ajah). Bakso prima tempatnya di jalan kalpataru deket jalan masuk ke SMA 7 Malang.

§  Bakso Bakar : Sesuai namanya, bakso ini bakso byasa yang dibakar. Tapi yang bikin enak itu kecapnya dari kedelai hitam yang berasa bangeeet.. Cukup Rp.1000 perbuah bisa langsung dinikmati. Tempatnya di jalan pahlawan trip. Heem.. Coba deeeh.. enak banget rasanya. Ayoo dicoba deeh…

§  Rujak Bakso : Nah, ini dia yang menurutku paling fenomenal tapi rasanya mak nyuuuzzz. Jadi ini bumbu rujak cingur yang dari kacang itu. Trus, dimakan bareng sama sayur kangkung, tahu coklat, mie kuning, n tempe mendoan yang digoreng trus disiram ma kuah bakso. Stooop.. Coba deh berhenti sejenak n bayangin rasa ma bentuknya. Sepintas seperti gak masuk akal ada makanan kaya gitu, but its true… U must be try it.. Harganya juga murah, Cuma Rp.2500 perporsi. Bener… Dua ribu lima ratus rupiah per porsi, tapi meskipun harganya murah kalo masalah rasa.. heeem.. jangan salah…….. enak tenaaaaaaaan.. nyuumm…

~ by Zizima on March 5, 2009.

5 Responses to “Bakso… Meatballs…”

  1. dimana tu lokasi rujak baksonyaa?
    kalo di banyuwangi, ada yg namanya rujak soto..
    tp aq blm pernah nyobain..

  2. di malang mbak… cuma 2500. yuk ke malang mbak…
    ayo di beli mbak.. ntar kasih tau aku pengalaman makan rujak sotonya🙂

  3. Sejarah Rujak Bakso
    berdasarkan pengalaman pribadi)

    Rujak bakso yang saya tahu dan saya rasakan berawal sekitar tahun 1978-an (saya bersekolah di SD tersebut tahun 1976-1982) yang merupakan jajanan di sekitar SDN Tanjungrejo 1 Malang (nama saat itu, di antara daerah Mergan dan Sukun. Penjualnya kalo Nggak salah bernama Lek Ju dan Lek Seh. sebenarnya beliau berdua tidak secara khusus berjualan Rujak Bakso, tetapi berjualan Bakso dan Rujak (rujak ulek) secara terpisah. Akan tetapi karena sikap coba2 dari anak2 SD tersebut yang jajan di sana (entah yang memulai siapa) mereka membeli dan memesan bakso dan rujak sekaligus dalam satu wadah mangkuk. Karena campuran rujak dan bakso dirasakan cukup enak, akhirnya kebiasaan coba2 ini berlanjut diikuti anak yang lain secara terus menerus. Dengan seiring waktu, di kampung daerah sekitar SD tersebut (kampung kidul-kali Tanjung gang 9 atau Jl. Ichwan Ridwan Rais IX Malang) ada yang secara terang2an menjual Rujak-Bakso. Dagangan tersebut langsung laris diminati oleh masyarakat kampung baik kalangan orang tua sampai anak-anak. Sampai sekarang masih ada yang berjualan rujak-bakso di kampung tersebut dan menjadi makanan favorit disana.
    Demikian sekilas info mengenai kuliner Rujak-Bakso (June 11th, 2009).

    • Waah,, senengnya,, dapat komentar yang lengkap banget dari fans senior tentang rujak bakso malang. Rasanya memang mantaapzz bangets.. bener2 bikin ketagihan… setiap pulang ke malang selalu nyempatin kesini. Ibunya ramah,jadi semangat. Temen2ku juga udah berhasil aku pengaruhi buat suka ma rujak bakso ini,,,

      Bener,, masih ada, harganya Rp.2500,-. Murah dan sangat meriah. Makasih yaah udah mampir🙂

  4. bakso damas sekarang buka cabang lho, di jalan jakarta nomer 2

    Reply:
    boleh juga tuuh, makasii ya infonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: