Ngemil Camillan Sehat..

buah

Nii.. ada satu kebyasaan yang suusssaaah banget dikendalikan: NGEMIL.

Gak tau kenapa kok suka banget ngemil. Ngemil terparah kalo lagi di rumah. Cz ibu sukaa banget bikinin makanan enak n meja makan plus toples toples yang ada di atas lemari ndak pernah kosong. Lebih parah lagi waktu kuliah, ngemilnya udah bukan ngemil lagi yang memang makanan buat ngemil. Tapi ngemil makanan semi makanan kelas berat, misalnya: batagor, syomay.. (wiiik, itu bukan ngemil kali yaa..)

Parahnya lagi, ngemil itu bikin badan jadi melar. Oyah, tinggiku 163cm sekarang. Dulu waktu SMP beratku 43kg (lupa berapa tingginya), SMA jadi 48kg, kuliah jadi 50kg, sekarang waktu udah kerja jadi 52 Kg. Wiiiks… Enduut..

Rasa-rasanya musti ngendalikan ngemil ini supaya badan sehat.

Habis dipikir-pikir juga habis baca-baca artikel lain, ternyata kita bisa mengendalikan keinginan itu, tipsnya:

§       Niatnya musti kuaaat,.

Soalnya kalo kita Cuma bilang pingin ngendaliin ngemil tapi niatnya ndak kuat ya sama aja dunk yaaah.. jadi as the first step: strengthen ur intend…

§       Ganti camilan dengan camilan sehat.

Hindari keripik, gorengan, makanan manis, dan mengandung soda. Bisa ajah ganti dengan buah, yogurt (really recommended, cz yogurt baik banget buat pencernaan). Keripik mengandung 100-250 kalori per bungkus, atau gorengan yang mengandung 150 kalori per potong. Bila camilan tersebut dikonsumsi terus-terusan akibatnya timbunan lemak di tubuh pun semakin banyak.

§       Makan teratur yaaah

Makan yang gak teratur cenderung bikin kita makan dengan “porsi balas dendam’. Tentunya itu gak sehaaat yaa….

§       Banyak minum air putih

Kurang air minum putih bisa bikin kulit kering, lemas, n akhirnya malah bikin kita kepingin ngemil lebih banyak lagi.

§       Tidur cukup

Hampir sama dengan air putih, kurang tidur bisa bikin kita lemes, n trus bisa bikin stress yang ujungnya bikin kita pingin makan lebiiiiiiiiiiih….

§       Olahraga cukup

Olahraga mampu mengolah kelebihan lemak menjadi keringat.

~ by Zizima on March 5, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: