Kemeriahan Kopaja

Sepulang kerja seperti biasa naek Kopaja. Heem… di Jakarta ini Kopaja merupakan sarana angkutan yang sangat murah dan sangat “meriah” dengan berbagai atribut yang ada di dalamnya. Meriah karena kita bisa merasakan bahwa mendapat tempat duduk merupakan suatu rezeki yang patut kita syukuri. Karena jika kita naik kopaja pada saat ‘prime time‘ misalnya waktu pulang kantor atau berangkat kerja, sudah pasti kopaja penuh sesak dengan orang yang berdiri bahkan sampe dempet atau berjejalan satu dengan yang lain. Jika sudah demikian, mendapatkan tempat duduk disaat kondisi seperti itu juga merupakan suatu rezeki yang perlu kita syukuri.

Bahkan ada hal yang kadang membuatku sedikit tertegun. Jika ada pemuda yang ‘tampak’nya berbadan kuat dan sehat tetapi tidak tersentuh hatinya untuk mempersilahkan ibu hamil atau kakek nenek yang tentunya membutuhkan tempat duduk. Jika demikian, apa yang kita pikirkan? apakah memang status penumpang yang sama-sama membayar ongkos yang sama tidak peduli duduk ataukan berdiri lantas tidak tergerak untuk berbagi tempat duduk?

Beberapa kali naek kopaja, aku berdiri dan bersandar di jendela dengan keringat bercucuran bahkan melebihi jumlah keringat saat selesai mencuci baju (hihihi.. sedikit berlebihan sih, tapi kadang bisa seperti itu). Kemudian ada pemuda atau bapak-bapak muda yang menawarkan kursinya dengan ikhlas, Alhamdulillah.. sungguh suatu rezeki yang perlu di syukuri🙂

Kemeriahan naik kopaja juga terjadi saat ada pengamen yang menurut saya patut untuk disebut seniman karena lantunan lagunya yang enak dan sangat menghibur. (terima kasih ke Mr. Fachmi yang memberi ide bahwa pengamen ada kalanya bisa kita sebut seniman. Makasih yaaa). Baca artikel ini untuk ulasan tentang apakah pengamen sama dengan seniman?

~ by Zizima on April 3, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: