Inspiring Quote

What is the Secret of SUCCESS… ? “RIGHT DECISIONS”

How do you make Right Decisions… ? “EXPERIENCE”

How do you get Experience.. . ? “WRONG DECISIONS

Dr. ABDUL KALAM

Habis dapat email dari temanku yang temanya  tentang Golden Words. Ada beberapa quote yang bagus. Tapi aku paling suka dengan yang diatas. “Rahasia kesuksesan? keputusan yang tepat. Keputusan yang tepat diperoleh dari pengalaman, dan pengalaman kita peroleh saat kita pernah melakukan kesalahan”. Apa benar begitu? Bisa jadi yah.

Kalo kita lihat dalam kehidupan sehari-hari bisa juga seperti itu yah. Makanya seringkali kita dengar “pengalaman itu guru yang terbaik”. Dengan pengalaman kita akan mendapat pelajaran. Dengan pelajaran kita akan lebih berhati-hati dalam menentukan tindakan. Pengalaman bukan hanya dari pengalaman pribadi, tapi bisa juga dari pengalaman orang lain. Ketika kita melakukan suatu kesalahan, belum tentu itu akhir dari segalanya meskipun ada beberapa konsekuensi yang harus kita tanggung. Dan bisa jadi konsekuensi itu bukan hal yang ringan. Yang lebih bahaya kalau kita melakukan kesalahan tapi kita gak sadar. Kita gak sadar telah melakukan suatu kesalahan yang membawa kita suatu konsekuensi tertentu. Meskipun konsekuensi itu sifatnya melekat atau tidak bisa dielakkan. Tapi konsekuensi itu bisa diolah.

Dari beberapa kali melakukan kesalahan atau dari beberapa kali mendapat pelajaran dari kesalahan  yang dilakukan oleh orang lain, pastilah ada hikmah yang bisa dipetik. “sepahit-pahitnya” peristiwa tentu saja ada hikmahnya. Insya Allah. Setidaknya, jika kita tidak melakukan kesalahan, maka ketika kita akan menghadapi situasi dan kondisi yang sama, kita bisa mawas diri.

Aku sendiri juga insan biasa yang masih terus mencoba belajar. Belajar dari apa saja dan dimana saja. Bisa belajar dari pengalaman diri sendiri, saat aku melakukan kesalahan, saat aku akan mengambil keputusan, saat aku akan menjalani suatu tantangan besar, semua merupakan proses belajar yang tiada henti. Pengalaman dari teman dan sahabat di sekelilingku juga merupakan media pembelajaran yang berarti. Supaya lebih baik. Supaya lebih hati-hati. Insya Allah.

~ by Zizima on April 15, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: