Ramaikan Pengunjung Blog

Bikin blog pada dasarnya ada beberapa alasan. Bisa sebagai sarana untuk menuangkan keluh kesah lewat tulisan, tukar informasi, menuangkan ide, mencari teman, mencari income (ini udah banyak yang coba, meski saat ini aku belum mengarah kesana.. someday..) Kalau aku pribadi, bikin blog buat sarana menuangkan keinginan untuk menulis yang timbul tenggelam, naik turun, moody, and fluktuatif (hehhe, lebay dikit gakpapa yaah). Entah apa alasan yang menjadi pendorong buat blog… tetap senang sekali kalo ternyata blog yang kita bikin ramai pengunjung n syukur Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat buat yang lain.

Aku sendiri juga pemula kok. Belum sebulan bikin blog (kira-kira baru 3 mingguan, jumlah visitor masih 1250-an). Pertamanya bikin blog cuma teman-temanku sendiri yang baca. Tapi lama-lama kepikiran yah bikin blog yang lebih global, yang gak dibaca gak hanya teman-temanku, tapi juga orang lain yang belum aku kenal. Jadi aku mulai berpikir gimana yah caranya punya blog yang bisa ramai pengunjung. Syukur-syukur ada pengunjung setia dan bisa bawa manfaat buat orang lain. Habis dari baca-baca, tanya-tanya, survei kecil-kecilan, berguru ke yang ahli, hasil pemikiran, hasil pengalaman, ada beberapa hal yang cukup efektif buat meramaikan pengunjung blog.. Coba yukz..

  1. Buat blog dengan tampilan menarik, mencerminkan pribadi kita sesungguhnya. Aku perlu 3 minggu buat bikin tampilan seperti ini. Okay, ini memang aku menggunakan template yang disediakanoleh wordpress. Tapi sempat bongkar pasang theme yang mana n menentukan warna huruf yang cocok plus milih header sempat agak menguras tenaga. Ini bukan hal yang wajib. Karena ada beberapa yang meyakini bahwa penampilan bisa terkalahkan dengan isi. Aku setuju. Tapi lebih baik lagi kalo isi dan penampilan sama-sama jozz.
  2. Fokuskan tema blog. Tentukan tema blog yang menarik. Isi menarik? yang kita suka. Yang mencerminkan kita. Isi dengan sesuatu yang sesuai dengan hati kita. Menulis dengan hati maka akan menyentuh hati pembacanya. Setuju? dan aku percaya kalo kita semua sepakat untuk gak memasukkan unsur2 ‘terlarang’ di blog kita. Purity🙂.
  3. Isi dengan berita terkini. Ada beberapa blogger yang memang sengaja menulis artikel tentang berita terkini. Kereen banget yaah. Usahakan tetap fokus dengan isi berita. Tentu akan ada pengunjung setia blog nanti.
  4. Share-kan alamat blog dengan teman-teman dekat. Tujuannya? sebagai semacam bentuk ‘pengumuman’ kepada para blogger lainnya.. kalau kita juga punya blog. Teman-teman dekat cenderung menjadi pembaca setia blog kita🙂
  5. Blogwalking. Jalan-jalan ke dunia maya dan melihat-lihat blog. Kalau belum begitu banyak alamat blog yang kita ketahui, bisa search di google dengan keyword ini: “blog popular”, “favourite blog”, “komunitas blog”, “blog muslim”,dll.
  6. Saat blogwalking isi komen. Saat kita isi komen di blog lain, jangan lupa masukkan URL atau alamat blog agar yang punya blog bisa melakukan kunjungan balik. Jika suka dengan blognya tawarkan padanya untuk tukar link atau istilahnya blogroll/link exchange.
  7. Join dengan komunitas blogger (rumahblogger, kampungblog, technorati,) Tambahan dari Miyosi (makasih yaah udah urun tambahan link :)), ada juga komunitas blog yang lain: blogger Universitas Brawijaya Malang, Bloger warga Malang.
  8. Tuliskan alamat blog di tempat strategus di dunia maya. di status dan profile facebook, shout out YM, di profile FS, Hi5, myspace, di  buku kenangan,sebagai signature di email.. banyak cara..

Meski masih pemula,ternyata ada banyak cara yaah. Yuk kita coba..🙂

~ by Zizima on April 15, 2009.

3 Responses to “Ramaikan Pengunjung Blog”

  1. jeng ada juga komunitas blogger untuk kera ngalam n UB, aku wes melu, ayo ayo kita kan sm2 perantauan he he….alamatnya http://www.bloggerngalam.com/ n http://bloggerub.com/…ayo segera gabung….

    oya ntar kalau jeng izma nemu komunitas blogger sma tugu aku kash tau ya…oc….

    mari nge-blog dg senang hati dan ciptakan perdamaian dunia he he (maksudnya???)

    yuuuuuuuukkkkk….

    sgr gabung ya……..

  2. Sama donk …, yuuukkk ahhh seuju banget ma metodanya non Zizima …

    Salam kenal ya …

  3. setuju ama artikel ini..

    masih newbie ni mbak… salam knal ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: