Facebook Di blokir

Semenjak beberapa bulan lalu, facebook (FB) udah jadi semacam akun wajib di kantorku. Bisa jadi hampir semua punya FB. Jadi udah pada terlena n suka ma yang namanya FB. Tapi sekarang ada kebijakan baru kalo akses FB diblock. Perintah langsung dari Pak CEO.   Secara aku pribadi, apa FB mengganggu performance kerja? heem.. aku berani bilang, gak mengganggu kok. Meskipun sometimes aku tetep  mainan pet society (ini the one and only  game yang aku mainkan lewat FB. Lainnya ndak… ) atau memanfaatkan fasilitas dari FB lainnya… Its fun… Semuanya tetep pada niatan masing-masing. Kerja ya kerja. FB ya FB. Kalau lagi stuck bisa refresh bentar pake FB.. hehehe,,, 🙂

Menurutku kebijakan perusahaan itu perlu dihargai. Berarti perusahaan udah menciptakan kondisi kondusif buat pegawainya buat konsen ke kerjaan masing-masing. Meskipun FB diblokir lewat jaringan internet di kantor, tapi ternyata masih ada celah. Beberapa pihak yang “addicted to FB” mulai merelakan pulsanya buat FB-an lewat HP. Setidaknya dengan begitu jadi kelihatan mana yang memang konsen kerja dan mana yang memang hanya ada “FB” di dalam kamusnya .Pizzz… bukan bermaksud mendakwa kok🙂. Yuk tetep semangat kerja meski tanpa FB.

Tapi ni ternyata da penelitian yang kontras dengan pelarangan FB untuk diakses di kantor:

Jangan Blokir Facebook!

Memblokir facebook atau youtube di kantor ternyata bukanlah sebuah langkah yang bijak. Pasalnya, mengakses facebook dan youtube di kantor mampu meningkatkan produktivitas kerja. Tidak percaya?

Hal itu sudah dipelajari dalam sebuah studi di Universitas Melbourne. Dari studi tersebut, pekerja yang menggunakan internet untuk kepentingan personal mampu meningkatkan kinerja lebih tinggi sembilan persen. Hal tersebut dibandingkan dengan pekerja kantor yang sama sekali tidak pernah berinternet.

“Para pekerja di kantor membutuhkan sedikit waktu luang untuk bisa beristirahat sebelum benar-benar kembali berkonsentrasi dalam pekerjaan. Istirahat yang dimaksud bukan berarti berleha-leha, tapi mengalihkan otak untuk tidak melulu berpikir tentang target dan pekerjaan. Sedikit waktu luang berarti mengistirahatkan otak, dan pasti akan meningkatkan produktivitas,” ujar tim peneliti Brent Coker seperti dikutip Reuters.

(Jawa Pos, 7 April 2009)

Waaah.. gimana tuh? tapi yang ini malah lebih ekstrim lagi kalau kasus di Telkom.

Telkom Wajibkan Karyawannya Main Facebook

Andrian Fauzi – detikBandung

Bandung – Di saat banyak perusahaan yang melarang karyawannya bermain facebook, Telkom Bandung justru mewajibkan karyawannya memiliki account facebook dan ngeblog.

Corporate Secretary Kandatel Bandung Irwan Sobrian kepada detikbandung, Senin (16/3/2009), mengaku aturan tersebut sudah terapkan sejak sebulan lalu. Bukan tanpa sebab aturan itu diterapkan. Dengan alasan produk knowledge, aturan tersebut diterapkan.

“Berdasarkan instruksi dari pimpinan Telkom Bandung, sejak sebulan lalu seluruh karyawan Telkom Bandung diwajibkan memiliki account facebook dan blog,” ujar Irwan saat ditemui di ruang kerjanya di Jalan Lembong No 11, Bandung.

Saat ini, tambah Irwan, ada 520 karyawan Telkom Bandung dan sudah 80 persennya memiliki facebook serta aktif menggunakannya. Sebelumnya, seperti perusahaan yang lain yang menganggap facebook sebagai ancaman, sehingga Kantor Telkom Bandung juga sempat memblokir facebook. Tapi blokir tersebut kembali dibuka setelah adanya instruksi untuk facebook-an dan ngeblog bagi karyawan Telkom Bandung.

“Awalnya memang diblok oleh admin kami, tapi akhirnya dilepas karena kita melihat manfaatnya. Dengan facebook kita bisa berkomunikasi dengan siapa pun di mana pun,” papar Irwan.

Manfaat facebook juga diakui oleh salah seorang Officer II Public Relation Datel Bandung Herry Isnaeni. Semenjak dirinya aktif bermain facebook, dirinya bisa mendapatkan informasi dan teman lebih banyak.

“Yang saya rasakan lebih banyak manfaatnya daripada negatifnya. Saya malah bertemu dengan teman lama dan dapat menjalin silaturahmi dengan banyak orang,” kata pria yang akrab dipanggil Abah oleh rekan-rekannya.

Irwan menambahkan, pada dasarnya aturan tersebut dilakukan untuk lebih memasarkann produk Telkom yakni Speedy. Saat ini jumlah pelanggan Speedy di Bandung telah mencapai 37.439 per Februari 2009.

“Telkom memiliki kebijakan agar karyawannya ikut memasarkan produk Telkom di lingkungan sekitarnya. Nah, ibarat kita mau jualan ya kita harus tahu ada produknya. Kita mau jualan Speedy, karena facebook dan blog sedang tren saat ini maka kita minimal harus tahu apa itu facebook dan blog,” terang Irwan.

Namun, imbuhnya, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan kepada karyawannya. Jika ternyata produktifitas karyawannya merosot karena asik bermain facebook, akan ada aturan lain. “Kita juga melakukan pengawasan. Jika ternyata malah asik facebook daripada kerja, tentu akan ada aturan lain.

Bahkan bisa saja instruksi main facebook dan ngeblog akan dicabut. Tapi sampai saat ini tidak ada satupun karyawan yang menurun produktifitasnya, karena mereka main facebook saat jam istirahat dan pulang kantor,” pungkas pria yang selalu tampil rapi itu menutup obrolan.(afz/ern)

~ by Zizima on April 19, 2009.

6 Responses to “Facebook Di blokir”

  1. Selamat… hehehe…
    Lets life without FB! 😛

  2. FB mengganggu..? menurutku tergantung yang make sih..

    ada yang seharian buka FB cuma buat narsis, masang foto banyak2, add org bnyak2 cuma buat liat status updateny ato mainin aplikasi2 quiz yang menuh2in halaman. Tapi ada juga yang bnar2 makenya, buat ketemu tmn2 lama dan bersosialisasi dgn teman2nya.
    aku jg pnya FB, dan sejauh ini cuma buat bersosialisasi dgn tmn2, baik yg sekarang ataupun tmn2 lama.🙂

  3. Tul, itu mah gimana orang yg makenya …, bisa jadi menggangu, bisa jadi meningkatkan produktifitas … !!!

    Tepi rata2 FB isinya tentang keluhan orang, mungkin itu adalah salah satu cara pada sebagiaan orang untuk menumpahkan unek2nya sehingga pikiran jadi tenang lagi buat bekerja …, but we never know …😀

    • memang bener.. kebanyakan (bukan semua lho ya) status di FB berisi keluh kesah atau sedang menunjukkkan eksistensinya^^

  4. di translate ga iso ta? lwt google translate..ato apke anonymous proxy…

  5. mksh sdh berkunjung ke “rumah” ku td tuk memberi ketenangan di hati…

    1. iy emng, “bljr dr ksalahn” walau “tnp brbuat slh bs bljr jg”, lha mslhnya hingga dtik ini aku ndak tau kslhn ku apa (he3…), mgkn krn bkn ahliny, dan aku mrasa nggak ngapa2in, ni msh mau tny2 ke yg ahli, mdh2an bs…

    2. kalau dt4 msq udh diblokir sjk kmunculannya, tp progrm yg lain ndak, di t4q krn institusi pndi2kn, sdh sdr dg sndiriny walau terpampang di dpn mt, lagian bkn milik bangsa sndiri, jd ya sungkan, kec. terpaksa…he3…..

    3. wah ct2 yg mulia, aku ikut mengamini, Ibu yg prtm skalipun udh dileskan atau skolhkn….terbukti slm ini kuamati…he2…….

    4. slmt bkrja ya….slg brbgi info jg……….=)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: