Mind Mapping

Mind mapping? apa yaah.. istilah ini pertama kali aku dengar dari atasanku di kantor. Sewaktu lagi review.. awalnya aku n temanku pakai metode business model. Dan ternyata menurut atasanku, it wont work.. perlu metode lain. Then, he told me to use “mind mapping method”. Dan berlarilah aku ke google dan beberapa buku buat cari referensi yang cocok.. hasilnya? kita kutip disini yuukz..

Jadi pada dasarnya metode ini menggunakan otak kita sebagai sarana untuk memetakan masalah. Oke, kadang kita mengetahui masalah secara tersebar dan tidak terstruktur. Sehingga untuk mencari solusinya yang secara sistematis kita kesulitan. Seperti kita ketahui otak manusia merupakan otak yang paling sempurna dibandingkan dengan otak binatang lainnya termasuk otak binatang mamalia, otak manusia memiliki kemampuan untuk belajar oleh karena itu otak manusia dapat dikatakan sebagai otak belajar. Otak kita terbagi menjadi 2, kiri untuk logika dan kanan untuk kreativitas atau seni.

Untuk mengenali dan memahami masalah ada 2 cara, yaitu catat, tulis, susun (CTS) dengan cara menghubungkan apa yang kita dengar dan menuangkannya ke bahasa yang kita pahami dalam bentuk tulisan. Dan teknik kedua adalah pemetaan pikiran (mind mapping), yaitu pemetaan masalah dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri. Metode ini ditemukan oleh Tony Buzan di tahun 1960. Maksudnya? kita intip lebih lanjut dibawah yaah…

Jadi gini, kalau kita memahami masalah dengan menggunakan metode CTS (kita hanya fokus) mencatat, memahami, dan menuangkan kembali masalah itu dengan menggunakan tulisan (logika=otak kiri). Tapi kalau menggunakan mind mapping kita menuangkan masalah tersebut dalam beberapa simbol atau gambar untuk mempermudah penjelasan. Kalau balik ke hasil kerjaanku tadi, aku menganalisa masalah dan lalu menyajikannya dalam bentuk tabel, tulisan, dan angka. Dan jika atasanku menyarankan untuk menggunakan metode mind mapping, berarti aku musti membuat semacam gambar simulasi untuk mempermudah penjelasan.

Aku coba dulu yaah.. doakan berhasil🙂





~ by Zizima on April 28, 2009.

3 Responses to “Mind Mapping”

  1. Pas SMA saya coba temuannya Tony Buzan ini ga bisa euy, ga cocok sama gaya belajar saya. Tapi di sini, temen kantorku kerjaannya bikin mind mapping terus… Algoritma kerjaannya tersimpan rapih dalam kertas2 mind mapping sama files mind mapping d komputer. Hebat! Mungkin saya mesti nyoba lagi nih mind mapping, kali aja sekarang cocok…😀

  2. ini juga baru nyoba, sekarang masih membedakan masalahnya,, kalo kerja kebanyakan pakai otak kiri, so kalo mau pake otak kanan tinggal ngeblog deh😛

  3. siiiiiiiipppppppppppppppp

    sprt bukunya … (lupa namanya) yg judulnya “How to be born genius”

    Insya Allah ank2 sekolah n kuliah jg mulai dipraktekkan cr beginian kok, n efektif,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: