Berhenti sejenak

Kadang-kadang,,, memang perlu buat berhenti sejenak dari rutinitas yang ada. Kalau kendaraan yang habis ngebut, perlu jalan sebentar buat mendinginkan mesin, perlu matikan mesin bentar buat isi bensin.

Maksudnya, perlulah sedikit selingan dari rutinitas. Rutinitas sehari-hari kalau dijalankan terus menerus tanpa ada jeda bisa seperti mesin (huehehe,, apa iya?). Itulah gunanya ada libur di sabtu n minggu. Waktunya penataan ulang,, renovasi,, Tapi sebenarnya meskipun tanpa weekend, udah ada jeda-jeda kecil untuk berhenti sejenak,,,

Waktu kita lagi naik mobil, ada lampu merah pas lagi di jalan raya. Waktu kerja yang idealnya sehari 8jam, ada waktu istirahat buat makan sholat n juga makan. Selain itu, bisa juga kok sejenak ke kamar mandi buat cuci muka sebentar buat penyegaran. Ada banyak,,,

Kenapa kita perlu berhenti sejenak? karena pada dasarnya kita punya kapasitas maksimal atau interval tertentu dimana tubuh akan menyambut positif sesuatu yang kita kerjakan terus menerus. Yang paling gampang itu misalnya kalau kita lapar. Kuat ajah kok makan sampai 2 piring kalo pas lagi lapaaar banget. Tapi untuk piring ketiga bisa jadi bisa masuk cuma lama banget prosesnya. Piring ke empat? mungkin udah stop. Kalau udah kaya gitu kita musti stop makan dulu. Supaya makanan gak terbuang sia-sia dan pencernaan kita gak bekerja terlalu keras buat mengolah makanan yang bertubi-tubi itu. Analogi ini bisa juga diterapin pada beberapa hal. Kaya misalnya tidur, bisa aja tidur sampe 10 jam, tapi buat nambah jadi 11 jam? kayanya udah mulai susah.. jadi kita musti bangun dulu.. cape-cape dulu.. ngantuk,, tidur lagi deeh..

Ada lagi, dalam setahun kita juga musti puasa sebulan buat ngasih waktu lambung untuk berhenti sejenak.. mengistirahatkan sistem pencernaan yang udah kerja keras selama 11 bulan sebelumnya ^^

Aku nulis apa ya ini? gak nyambung, hehehe



~ by Zizima on May 6, 2009.

5 Responses to “Berhenti sejenak”

  1. Ya, ane berhenti sejenak di blog ini karena sedang capek muter-muter dunia maya:mrgreen:
    jadi inget albumnya Justice Voice

  2. berhenti sejenak? iya perlu banget biar nggak stress

    mmm ngapain ya biasanya: cuci muka (yg plg sering), ke kamar mandi (bener nih biar bisa lht orang2), memikirkan makanan enak (halah), trus ngobrol bentar sm tmn2 yg lucu2, minum kopi (mmm enak) itu aja paling

  3. bener bu izma…kadang kalo udah jenuh sm rutinitas, kita sebaiknya emang break sebentar, supaya fresh lagi🙂

    btw, tukeran link yuk ^^.. link izma udah kumasukin blogroll🙂

  4. iya betul, terkadang kita perlu rehat dari aktivitas kita. byar nanti kita balik ke 100 %.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: