Pare-pahit tapi bikin ketagihan,,,

Ide nulis artikel ini waktu aku mau posting resep masakan berbahan pare. Setelah itu, kupikir gak salah ya kalo misalnya ada semacam artikel intro yang ngulik sedikit tentang pare. Tak kenal maka tak sayang? right? yes,, of course (piye tho mbak, tanya2 dewe dijawab dewe :D)

Pernah dengar yang namanya Pare? tanaman pare yang rasanya pahit itu? Pare salah satu masakan favoritku. Memang rasanya pahit, tapi kalau bisa masaknya, rasanya luar biasa… percaya deh.. apalagi kalo ada udangnya.. nyummy,, Dulu pernah berhasil nanam tanaman pare di rumah. Sukses,, buahnya gede-gede n warnanya hijau. Alhasil dulu sering banget masak pare dari kebun sendiri.. (bukan kebun, tapi halaman sebelah rumah tepatnya,,,). Jadinya waktu masak tambah semangat,, Top pokoknya.,,

Oops,, tunggu, artikel yang ini bukan tentang bagaimana masak pare yang enak, bebas pahit, n tetep sehat. Sekarang lagi waktunya menjelaskan  (wiih, gayanya pake bilang mau menjelaskan, sok pinter nih aku,, hehe,,kalo gitu tepatnya sharing knowledge ajah yaa,, ^^)

Sebenarnya tanaman pare punya banyak khasiat di balik bentuknya yang unik bergelombang n rasanya yang pahit. Pahit bukan brati tak enak. Habis dari cari-cari literatur, wiih ternyata emang bener deh Pare ni banyak banget khasiatnya. Dulu pemahamanku masih dikit, taunya pare bagus yang punya diabet. Dan ternyata, more than that..  Manfaat pare kaya gini niih (ni didapet dari salah satu buku yang diterbitkan ma Deptan):

  • Dapat merangsang nafsu makan (tapi kalau yang masih ragu ma rasa pahitnya bisa jadi malah menurunkan nafsu makan yaaw,,,,)
  • Dapat menyembuhkan penyakit kuning
  • Memperlancar pencernaan (cocok niih,, buat yang suka bermasalah waktu pagi,, hayooo.. aku juga sih kadang,, hiikz,,)
  • Obat malaria (kalau yang ini, musti jaga tingkat kekebalan tubuh juga)

Dan ternyataaaaaaaaaa,, bukan cuma buahnya euy,,, daunnya juga ada banyak manfaatnya niih,,,

  • Dapat menyembuhkan sakit perut pada bayi
  • Membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan
  • Dapat menurunkan panas
  • Dapat mengeluarkan cacing kremi
  • Dapat menyembuhkan batuk

Aku dah lumayan panjang lebar nih bahas tentang tanaman pare. Udah minat belum buat maem pare? jangan kuatir,, bis ni aku juga jelasin cara masaknya yang bebas pahit,, (hehehe,, gayanya akuu,,)

Eh, ada tambahan lagi,,, dari Pak Budi Sutomo, kaya gini:

Penelitian di Chinese University of Hongkong berhasil mengisolasi dua jenis protein dari dalam buah pare. Protein yang diberi nama Alpha dan Beta ini dipercaya mampu menghambat laju kerja virus HIV penyebab AIDS. Sementara hasil uji lab New York Universitiy School of Medicine menemukan protein jenis ketiga yang diberi nama MAP 30, yang lagi-lagi konon bermanfaat untuk mencegah laju HIV. Namun jika Anda akan mencoba terapi pare, buah yang pahit ini memiliki toksisitas yang tinggi penyebab keguguran. Sebaiknya tidak diterapkan pada wanita hamil.

Lho kan,, ada banyak manfaat lagi… Tapi bagi yang sedang hamil, di tahan dulu yaah sampe ntar melahirkan baru maem,, cz salah satu khasiatnya membersihkan darah bagi wanita sesudah melahirkan🙂

Yuk,, intip resep masak pare disini,,

~ by Zizima on July 1, 2009.

2 Responses to “Pare-pahit tapi bikin ketagihan,,,”

  1. seneng banget ma postingan ini, serasa bertemu dengan suami kedua yaitu pare,

    kata orang pahit, tp kok menantang gitu ya, ibu suka bikin masakan macem2 berbahan pare, ehm enak banget..

    kalo kata ibu2 dari bandung yg kukenal di sini, waktu kutanya “apa sih buk rahasia kecantikan alami orang bandung?”

    beliau menjawab: “saya mah nggak tau mbak, tp katanya sih kalo suka mkn makanan pht tuh jd seger n awet muda, mungkin itu ya, kan orang bandung teh dari kecil dibiasain makan sayuran”

    wiiiih…..berarti benar kata ibuku…🙂

    btw, ada lg yg pahit, lencak, daun pepaya, ehm…enak tp…

    • the one and only makanan pahit yang aku suka cuma pare Miyosi,, soalnya yang lainnya ndak bisa masaknya (ngeles, hehe).
      Awet muda? bagus-bagus.. orang bandung emang terkenal concern ma perawatan tubuh. Biar berasa umur 17 terus ya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: