Kangen Akuntansi

Beberapa hal dalam hidupku memang berjalan seperti tidak seharusnya seperti yang terlihat… (tapi justru pola ini yang akhirnya bikin aku tambah paham ma banyak hal). Misalnya, waktu SMA masuknya IPA. Harusnya kuliahnya masuk fakultas yang berbau ke IPA-IPAan gitu.. Eh ternyata waktu masuk kuliah aku malah terdampar di Fak Ekonomi Jurusan Akuntansi. Masuk akuntansi cz ternyata sesuai hasil SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) buat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (sekarang kayanya nama seleksi itu dah ganti lagi deh). Habisin 3,5 tahun kuliah akuntansi ternyata juga gak jaminan aku kerja di bidang ke akuntansi-an (meskipun dulunya sempat hampir). Wiik.. padahal inget banget tuh buku-buku akuntansi yang tebel dan berat. Semuanya itu masih kesimpen di Malang.

Total dari  saat aku nulis ini udah setahun gak “sentuhan” ma akuntansi. Meski kadang masih serempeten sih, hehe… Saat ini kerjaan lebih banyak bahas masalah ilmu-ilmu baru yang dulu di kuliah belum jadi pembahasan mendetail. Baru di bahas sekilas ajah. Masih inget dulu pas kuliah kurang minat ma pelajaran non accounting kaya: strategic management, operational management, sistem pengendalian manajemen, balanced score card, n so on, kurang gitu minat. Dalam pikiranku waktu itu “ntar kan aku kerjanya akuntansi, bahasan kaya gini gak gitu perlu…” .  Dan kayanya sekarang aku karma niiih… Ternyata pekerjaanku sekarang justru lebih banyak fokus ke hal-hal yang dulu cuma aku lirik dan aku ikuti karena kewajiban sebagai mahasiswa buat ngikutin serangkaian mata pelajaran. Sejujurnya dulu waktu kuliah emang seneng banget ma pelajaran perpajakan, intermed, ma etika bisnis.

Kalau ternyata sekarang aku kerja dengan jobdesk yang sejatinya jauh melenceng dari mata pelajaran yang ke-akuntansi-an, its ok. Kupikir aku beruntung bisa ketemu ma orang-orang hebat yang sering bagi ilmu tentang hal-hal baru (that i’ve never heard before), yang sabar njelasin ke aku ini maksudnya apa, ini maknanya apa, hehe (Ampun Pak Bu.. saya memang masih ‘ijo’ di bidang ini.. tapi bener-bener makasih ma pembelajarannya).

Cuma kadang aku serasa kangeeen banget ma akuntansi. Kangen ma angka-angkanya yang bikin tanganku bergerak cepet di kalkulator tanpa lihat (persis mbak-mbak kasir di supermarket), kangen ma rasanya jengkel kalao ternyata itunganku gak balance, kangen baca PSAK yang kaya buku ajaib nan susah di pahami. Really miss these things..

Finally, 3 hari terakhir aku baca-baca lagi deh buku akuntansiku. Iseng-iseng aku baca bab bagian penyusutan plus latihan soal… Hem.. seru.. seperti ketemu kawan lama trus bernostalgia ^^

~ by Zizima on August 3, 2009.

16 Responses to “Kangen Akuntansi”

  1. omaigot..ngerjain akuntansi seru seperti ketemu kawan lama trus bernostalgia…aku baca nya lemes..

    klo aku mah sama akuntansi musuhan banget

    Reply:
    Hehe.. sama.. aku dulu juga awalnya gitu ma akuntansi… baru kuliah ajah ngerasa suka..
    Tapi seru lho akuntansi itu😀

  2. Blog keren. Absen ya mbak.

    Sekarang baca isinya. :p

    Reply:
    Absen diterima.. hehe.. monggo ^^

  3. Wehehe menarik juga crita nie, dan saya ucapkan ‘welcome to the club’. Hampir semua orang punya cerita yang sama keknya. Tapi ada alasannya kan kenapa kedua mata kita ada di depan, dan bukannya di belakang kepala.

    Reply:
    Bener mas.. aku kadang ya berpikir.. kok liku-likunya gak bisa aku tebak…
    kadang jawabannya muncul setelah bertahun-tahun kemudian..
    maybe dulu aku masuk akuntansi supaya belajar telaten n tekun ya, hehe😀

  4. Wahahaha, iya mungkin. Biar lebih telaten n sabar. Lha begitu banyak angka dan aturan2 akuntansi. Kalo gak jenius di pengulangan gak bisa akrab ma akuntansi lho. Tapi ada silver liningnya, kalo bisnis bakso nya jadi (amiiin), gak perlu cari manajer keuangan lagi. Mbak zizi bs jd multi talent enterpreneur. Trus masuk kadin, gara2 ekspor bakso. Suit suit, wehehehe. ^^

    Reply:
    Bener mas.. meski awale rodo esmosi jiwa ngunu, hehe.. Tapi Alhamdulillah berakhir bahagia..
    Waaah doanya manjur tenan tur manteeep bangeeet.. Amiin Ya Allah.. Amiin.. Semoga yaa…
    Sapa juga yang gak mau punya usaha dewe mas.. palagi bakso ngunu🙂
    Semangaaaaaaaaaaaaaat ^^

    Gimana kuliahe? wis rampung tho? sukses2…. ^^

  5. Izma kangen ma akuntansi? Kangen ngasih aku contekan Perpajakan kali ya…
    Hehehe…

    Terbalik ma aku, selama kuliah paling sueneng belajar soal strategic management dkk, eh sekarang bikin laporan keuangan bolak-balik buka buku.

    I wish you were here. Gak perlu baca buku, langsung nanya ajah

    Reply:
    Hihihhi.. emang serba kebalik-balik yyoouw.. aku yang suka akun malah terjun ke strategy2… eh… Uphiet yang suka strategy malah terjun ke akuntansi… yakpa kalo kita tukar yaah?
    kayanya enaaak😀
    ternyata setelah setahun aku gak pegang akuntansi bisa kangeeeeeeen……

  6. Mborong comment ah.

    Alhamdulillah, atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan didasarkan kepada keinginan yang luhur. Juga berkat doa dari mbak zizi. Pihak kampus jadi merasa bosan dan terpaksa meluluskan ayas. Wahahaha.

    Reply:
    Alhamdulillaaaaaaaa.. melu seneng aku mas… selamaaat yaaa…
    Moga sukses langkah selanjutnya. Amiin🙂

    Sukses juga buat bakso kadin nya yah.

  7. Comment +1

    Owh baru nyadar saya mbak. Sekarang mbak zizi kerja di bagian planning dan strategy perusahaan. Wah keren nie, soalnya bisa bikin inovasi baru dan ketemu hal-hal baru tiap hari. Kalo saya taunya cuman strategi 4-4-2, 3-4-3 dan 3-5-2. Wehehe.Salut

    Reply:
    Komen nambah banyak juga ndak papa mas…, hehe
    Baru belajar, masih pemula😀
    Yuk semangaaat.. rencana after graduationnya gimana?

  8. Simple aja : Kerja ato dikerjai. Wahahaha, kok jd mbahas saya? ^^

    Kalo boleh nanya, mbak zizi ini tepatnya di divisi apa to? Harap maklum saya baru tau kalo ada bagian perusahaan yg buat ngrancang strategi. Kirain strategi bisnis hanya dibicarakan oleh direksi saja. Tapi mbak zizi tetep suka merendah yah. Hihihi, Belajarnya mbak zizi saat ini udah beda kan? Kalo dulu, belajar ilmu2nya buat mbangun rumah, sekarang blajar mbangun langsung + dekorasi akhir. Tambah sukses buat mbak zizi ya.

    Reply:
    Hihii.. piye mas,, paling muda,, paling gak ngerti.. untung pada sabar ngajari😀
    di bag corp management development. yang ambil keputusan direksi, tapi byasanya dibantu ma divisi tertentu yang tugasnya itu.
    Wah manteep tenan mas iki.. jadi nek ntar aku bikin rumah apa tak jadikan konsultanku yaa?

    • Owh gtu yah. Wah berarti kalo ada peningkatan produksi atau produk baru yang nyusahin divisi produksi atau marketing, ternyata divisi mbak zizi juga ambil peran ya? Wahahaha. /Joke.

      Eh, isin ayas. Salah pake analogi rumah, hehehe. Tapi kalo mo mbangun rumah. Tenagaku masih jos buat mburuh koq, tenang aja sama mbak zizi dihitung borongan wes. Pokok ada rokok + kopi tiap kerja. Wahahaha.

      Reply:
      Hehhe.. gak seekstrem itu mas. Byasanya strategi itu diukur sesuai kemampuan ma evaluasi peristiwa tahun lalu n strateginya model bottom up. Jadi para divisi lain yang nentuin sendiri n ntar dievaluasi bareng🙂

      Ya Allah.. kok iso mburuh lho,,, hehehee… moso yo semelas iku😀 iki rencana gawe or sekolah lagi?

  9. kangen ma akuntansi ya? hmm…kok beda ya ma aku, pa karena dulu terpaksa masuk akuntansi ya? hehehehe….. (maklum dulu pengennya arsitektur, karena ditantang taruhan ma sodara masuk akuntansi hehehhe….kelam banget…..)
    tapi sekarang mencoba selalu bersyukur atas apa yang telah dilalui dan dimiliki, karena memang Alloh memberi jalan-Nya disini dan memberikan rizkinya dari arah yang tak disangka-sangka….maha besar Alloh dengan segala karuniaNya….

    Reply:
    Kangeen banget ma keakuntansian. Emang nyebelin akuntansi, tapi kalo lama gak ditengok jadi kangen juga, hehe.
    Bener.. Insya Allah segala kejadian gak mungkin tanpa sebab. Kalo sekarang begini mungkin ada sebab yang gak bisa kita cerna karena itu KuasaNya. Kita tinggal bersyukur n tetep istiqomah..

  10. wah…kyaknya ibu yang satu ini udah kecanduan ma yang namanya akuntansi, mungkin benar ya karena dah lama ga bersentuhan jadi kangen…kaya kalau punya pacar jauh-jauhan trus lama ga ketemu, pasti sekali ketemu langsung kangennya setengah hidup hehehehehe……..

    Reply:
    Hehe.. bukan kecanduan,, tapi mungkin karena lama gak sua jadi kangen😀 padahal dulu juga suka nggerundel pas pelajaran kalo ada yang gak ngerti…

    Hoho… kalau yang masalah relationship tergantung personnya. Tapi bagus jauhan, biar kondusif🙂
    oya aku kalo mau ninggal komen di blognya mas yossy kok gak bisa ya?

    • kok malah jadi kondusif??
      iya maaf aku ada salah settings, tapi udah aku perbaiki kok dan dah bisa lagi sekarang. muup atas ketidaknyamanannya….tinggalin comment ya…. ^-^
      hmm….namaku bukan yossy tapi yoppy….hehehehehe…. ^-^

      Reply:
      Lha kan belum nikah jadi serba salah kalo deket-deket🙂
      Siip.. aku main-main ke blognya ya… ohlala.. maaf yaa mas.. salah baca😀

  11. ini critanya kangen atau pamitan?? wekwkew…

    Reply:
    Jarene nek wis kangen iku pertanda mas… heheheheheee

  12. ^^ hihihi, iya, tapi justru menyenangkan deh. Bisa jadi orang yang malas dan sering malas2an. Malas berfikir, malas bersiasat, malas bersilat lidah, malas berpolitik ria, malas deh pokoknya. hehehe. Tapi ada yang gak menyenangkan juga. Jam mulai mburuh dan jam pulang mburuh terserah yang bayar. Dan bayarannya gak bisa tiap hari. Hiks…hiks. Yah ada suka ada dukanya lah.

    Nah kalo mburuh rumah kan sama2 mburuh dan bisa jadi sambilan. Selain bisa menyehatkan tubuh, juga bertujuan buat ngejar kopi + rokok gratisnya. Pengurangan ongkos belanja critanya. Hehehe.

    Reply:
    heem… penjelasan panjang mas. tapi ni membuatku tertegun… ada pikiran seperti ini, yang aku belum pernah kepikiran🙂
    But nice,,, ^^

  13. …mondar-mandir di blog orang, permisi……

    Reply:
    Mari… silakan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: