My 1st Mind Mapping Sheet

Seperti yang aku dulu pernah bahas tentang mind mapping, kali ini aku bener-bener niat buat praktik langsung, Hehehe.. emang agak jadul, bahasnya kapan praktiknya kapan ya?  gakpapalah, daripada aku gak nyoba sama sekali. Ya kan? Awal mulanya waktu weekend kemarin lagi di rumah aja. Mau baca komik kok masih ogah. Ogahnya karena ketauan ada 2 buku serius yang musti aku baca (tuntutan kerja ini ceritanya). Mau baca komik merasa bersalah cz masih ada PR yang belum diselesaiin. Mau baca buku itu tapi kok heemm? ngerti maksudnya kan? hehe.. ya begitulah. Maafkan aku employerku, bukan employee Anda ini tidak mau menjalankan amanah, hanya saja lagi ingin baca komik2 lucu, hehehe.

Setelah menimbang-nimbang dan memandangi buku-buku yang “harus” aku baca dan “ingin” aku baca, diputusinlah: membaca buku yang harus aku baca terlebih dahulu. Aku mulai yang judulnya “business strategy” dari Jeremy Kourdi. Langsung cari pose pas buat baca, pasang kacamata, n duduk sempurna di meja. Baru bab pertama, sudah mulai sedikit batuk.. Huk uhuuuhk…. ternyata materinya memang superserius. Saking seriusnya butuh energi lumayan banyak buat nyerna maksudnya.. (lebay,hehe). Terdiam lagi sejenak sebelum melanjutkan baca. Aku ambillah kertas kosong n boxy (bukan pulpen, biar garisnya tegas n jelas). Niatnya mau bikin notes tentang esensi bab. Langsung ingatlah aku ama metode mind mapping yang kapan itu

Udah lumayan lama kenal ama mind mapping, cuma gak pernah praktik, cuma asal tahu. Cuma akhir-akhir ni semakin akrab ajah. Sampe aku belilah bukunya. Aku beli 2, beda topik tapi esensinya tetep mind mapping untuk kegiatan sehari-hari (sekarang lagi dipinjem semua). Secara keseluruhan buku ini bagus buat memetakan segala hal yang ada di dalam pikiran. Ada yang pernah bilang: “catatlah segala sesuatu yang kamu pikirkan”. Manusia mempunyai memori yang terbatas, kalau kita rajin mencatat Insya Allah hal-hal penting masih bisa didokumentasikan. Nah, disini peran mind mapping itu. Mencatat dengan menggunakan perpaduan otak kanan dan otak kiri. Cara mencatatnya juga beda, bukan kaya dibuku byasa. Kaya gambar ular. Topik utama yang dibahas sengaja diletakkan di tengah untuk jadi pusat pemikiran (emphasis).

Hasil mind mappingku? Persis ular.. kaya gini:

Mind mapping2



~ by Zizima on August 25, 2009.

5 Responses to “My 1st Mind Mapping Sheet”

  1. wah rajinnya…..
    ——————————————–

    jadi inget adik2 Bimbel dulu pas ngasih metode smart dg cara ini🙂

    dalam mbuat modul yg referensinya lebih dr satu buku hal ini sangat99 membantu memang, mo buat resensi, n tulisan non fiksi lainnya jg
    ——————————————–

    bakat nih jadi dosen he2….Bu Izma🙂

    Reply:
    siip siip.. Dosen? Insya Allah amiin.. meski bekerja yang sekarang aku bener-bener bersyukur luar biasa.. lets see ^^

  2. absen pertama….

    hm…bagus juga ne mine mapping bisa memberi banyak cara untuk bisa memahami sesuatu pa lagi kena pas kena short term memory lost syndrome, apa yang dibaca, lihat dan rasakan kalo ga di mapping kaya gitu bisa menguap entah kemana tu ilmu (seperti yang barusan aku lakuin, dengerin ceramah aa gym cuma beberapa yang masuk diotak hehehehehe….. ^^)

    Reply:
    sebelumnya aku bener-bener tergantung sama catetan n yang namanya reminder. mulai reminder di hp sampe outlook sampe kertas yang ditempel di tempat strategis biar ndak sering lupa ^^
    Hehe… ndak papa.. kalo dihayati Insya Allah pasti masih bisa diingat dengan baik..

  3. ikut comment achh.. boleh kan?
    kayaknya cocok nih dicoba coz aq orgnya lupaan.. hari ini ngerti besok Allahualam..:D..
    Kalo gak salah ada softwarenya deh.. jd kan bisa di save kalo lupa tinggal buka. Kalo ‘nulis’ di otak ntar tiba2 “lupa ingatan” gimana ya?.. jd kayak lagunya Kuburan donks.. “lupa..lupa… lupa terus selamanya”.. hahaha.. tp oke lah setiap postingan zizima ini pastinya brmanfaat…🙂

  4. ikut comment achh.. boleh kan?
    kayaknya cocok nih dicoba coz aq orgnya lupaan.. hari ini ngerti besok Allahualam..:D..
    Kalo gak salah ada softwarenya deh.. jd kan bisa di save kalo lupa tinggal buka supaya tdk terjadi hal kayak lagunya Kuburan…. “lupa,..lupa… lupa terus selamanya”.. hahaha.. tp oke lah setiap postingan zizima ini pastinya brmanfaat…🙂

    Reply:
    sama… aku juga termasuk lupaaan kok.. makanya sangat bergantung dengan yang namanya catatan n reminder.. ^^
    iya emang ada yang namanya mind mapping software for manager. Nah itu dia, semoga dengan latihan jadi manager bisa keturutan deh ntar.. amiin..

  5. Hmmm, keren tu bisa ditiru.
    Pengennya ringkas, tapi sekarang buku catatanku banyak banget, sampai gak tau disimpennya dimana.
    BUkunya judulnya apa, Iz?

    Reply:
    Iya iya.. aku juga sering kaya gitu.. catatan berserak dimana-mana tapi ntar malah bingung, hehe.
    judulnya mind mapping at work sama mind mapping untuk meningkatkan kreativitas. Authornya Tony Buzan. Ayoo Uphieeet.. semangaaat ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: