Bersyukurnya Kita Sudah Merdeka

poster merah putihHabis nonton film merah putih, kesan pertama yang aku peroleh: “Sungguh bersyukur kita sekarang udah merdeka”. Beneran..

Ceritanya tentang kehidupan di Indonesia beberapa saat setelah kemerdekaan pada tahun 1947. Tetapi masih ada Belanda yang malah masuk ke Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan. Penggambarannya bagus. Mulai dari tokoh n settingannya. Yang aku acungi jempol, di dalam film ini gak ada tokoh yang sempurna. Semua punya plus minus. Jadi terlihat lebih realistis. Alur ceritanya sulit ditebak.. Penggambaran konflik yang terjadi di antara tentara karena ada perbedaan latar belakang keluarga, alasan untuk bergabung dengan tentara, serta agama bener-bener jadi topik yang dijadikan salah satu tema dengan pesan bahwa tidak ada seseorang yang bisa mengatasi semua hal tanpa peran dari temanyang lain…  Nice🙂

Kembali ke paragraf pertama tadi ya, kenapa aku bisa bilang kalo dengan nonton film ini aku jadi sangat merasa (terlebihnya lebih menyadari) bahwa kemerdekaan dari penjajah(bukan dari teroris, belum untuk yang satu ini ya) bener-bener hal yang merupakan suatu karunia luar biasa. Dimana aku masih bisa keluar rumah dengan tenang tanpa ada kekhawatiran akan bertemu tentara tak dikenal dengan bahasa asing yang gak punya perasaan apa untuk menekan pelatuknya.

Kalaulah kadang aku malas keluar rumah karena macet n panas ternyata alasan itu masih jaaaaaaaauuuuuuh dari berat dibandingkan dengan kekhawatiran akan bertemu dengan penjajah.

~ by Zizima on September 11, 2009.

3 Responses to “Bersyukurnya Kita Sudah Merdeka”

  1. Merdeka!!! (rock)

    Reply:
    sekali merdeka tetap merdeka yaaaaa🙂

  2. dari kemarin pengen nonton film ini…tapi apa boleh buat harus disingkirkan ma MERANTAU jadi sampe sekarang belum nonton lagi…

    tapi pertanyaannya benarkah kita sudah benar-benar merdeka? sepertinya kita hanya merdeka pada saat itu saja…karena secara dengan kondisi yang seperti ini kemerdekaan itu semu. kita masih belum merdeka dalam perekonomian, politik, keamanan, perbatasan, dll. tapi kita harus tetap berterima kasih dengan pahlawan-pahlawan yang gugur maupun yang masih hidup baik yang tersebut dalam sejarah maupun yang tidak.
    kita harus tetep berjuang untuk membuat kemerdekaan itu menjadi sesuatu yang nyata, seperti yang tercantum dalam UUD 1945 menjadi negara yang aman tentram makmur sentosa. ^^

    Reply:
    Nah ini dia mas.. semoga kemerdekaan kita bukan hanya di status alias de yure aja ya.. tapi de facto-nya juga🙂

  3. Awal yang baik ya, setelah lama gak ada pelm tema perjuangan. Semoga makin banyak pelm dengan tema yang sama. Sapa tau nantinya akan ada kesadaran nasional, kalau Indonesia gak perlu dijajah lagi biar bisa bersatu.

    Reply:
    Setujuuuuu… merdeka itu penting. jadi kalo udah merdeka kudu dijaga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: