Tetep Tenang Saat Gajian

Siapa yang gak suka sama yang namanya “gajian”? Aku termasuk yang sukaaa banget sama gajian. Gajian berarti punya dana lebih dan segar yang bisa digunakan buat apa aja yang kita mau. Paradigma itu paradigma lawas yang aku punya. Sekarang berusaha tetep “lempeng” n “tawar” meski habis gajian.

Ada beberapa hal yang berusaha aku pegang sampe sekarang supaya gak jingkrak2 kalo pas habis dapat dana segar. Alhamdulillah dari hasil-hasil trial n error plus baca-baca buku ketemu juga cara yang match ama diriku. Ohya, setiap orang pasti punya cara yang beda buat mengatur keuangannya. Siapa tau caraku ini juga berguna buat kamu :)

1. Bedakan antara pengeluaran yang sifatnya rutin atau wajib, entertainment, saving, invest, n capex.

  • Rutin. Ini pengeluaran wajib yang sama sekali gak bisa dihindarkan. Kaya makan, transport, kos-kosan, pulsa, alokasi untuk sedekah n zakat, alokasi untuk beli vitamin atau dana olahraga. Dari masing-masing poin tadi, alokasikan dengan tarif yang wajar (gak terlalu irit tapi juga gak boros). Ingat selalu bahwa semua pengeluaran harus sesuai dengan jumlah pendapatan kita.
  • Entertainment. Ni kaya alokasi dana buat maen, pulsa internet buat modem, biaya nonton, biaya ngedate (oops, hehe). Ingat ya, jangan sampai biaya entertain besarnya lebih dari 50% biaya rutin kamu.
  • Saving. Alokasikan minimal 10% buat ditabung. Tujuannya supaya kita punya cadangan dana yang cukup kalo ada keperluan mendadak. Misalnya tiba-tiba harus pulang kampung, alokasi dana untuk kurban, atau gimana. Buat ini, cobalah ikut-ikutan deposito yang nantinya akan dipotong otomatis dari rekening kita. Mulailah dari yang nominalnya kecil, misalnya Rp. 500.ooo/bulan. Jangan terlalu besar juga supaya alokasi deposito gak mempengaruhi likuiditas kita.
  • Invest. Dana invest termasuk dana untuk beli buku atau les. Kenapa ini termasuk invest? karena kalo kita tambah pinter pastinya rezeki juga akan datang dengan sendirinya. Ini adalah hasil investasi yang kita nikmati di kemudian hari. Prinsip investasi: menyisihkan atau mengeluarkan dana untuk tujuan mendapat income di masa mendatang. Bisa juga lho, mulai nanam modal di temen-temen kita yang udah mulai buka usaha, misalnya cafe mahasiswa, dll.
  • Capex. Pengeluaran ini terakhir kalo semua 4 pos di atas  sudah terpenuhi. Capex ini pengeluaran buat beli barang yang punya masa manfaat lebih dari satu tahun. Capex=capital expenditure. Misalnya, baju, tas, sepatu, hp, laptop, dll. Ohya, untuk pembelian gadget belilah yang brandnya common n well known, supaya garansinya terjamin n yang penting awet. Beli sesuai kebutuhan bukan trend atau prestise ^^

2. Buat simulasi pengeluaran selama sebulan. Kalau bisa sedetail mungkin. Simulasi ini bisa di dasarkan pada pengalaman kita.

  • Dengan buat simulasi kita jadi bisa tahu, di pos mana aja kita boros banget. Kalo dah gitu, bisa ngerem sendiri kan? kita bisa tahu budget yang wajar untuk setiap pos sesuai penghasilan.

3. Smart shopping

  • Buat list  prioritas barang yang harus dibeli. Bawa list ini saat belanja.
  • Usahakan belanja di tanggal terakhir periode, bukan di awal. Kenapa? Karena uang yang kita pakai sebenarnya adalah uang sisa, bukan yang yang masih akan di alokasikan untuk lain-lainnya. Kecenderungan belanja di awal periode saat habis gajian cenderung membuat kita lebih konsumtif karena merasa banyak uang.
  • Atur frekuensi bepergian ke mall, modern mart, bazaar, atau sale. Umumnya, semakin banyak ke mall semakin banyak unpredictable n unnecessary spendingnya. Saat ke mall, usahakan udah tau apa yang mau kita beli supaya gak merembet kemana-mana belanjaannya.
  • Batasi kartu kredit. Kartu kredit hanya kartu mempermudah pembelian, bukan sebagai penambah dana ya.
  • Untuk pembelian sembako dan peralatan mandi, lakukan sekaligus. Pembelian sekaligus memang lebih besar jumlahnya, tetapi ini menghindari kita ke toko lagi. Pergi ke toko berpotensi menimbulkan unpredictable n unnecessary spending :D
  • Alokasikan satu barang yang pingiiiiiiiiiin banget kita beli sebagai rasa hiburan karena kita udah patuh ama budget. Ni sebagai bentuk reward kita ama diri sendiri. Dana extra yang kita punya setelah semua kewajiban rutin n saving plus invest terpenuhi bolehlah ke salon, nonton lebih banyak dari byasanya, beli buku-buku entertainment, atau jalan-jalan ke tempat yang gak byasanya🙂

4. Punya 2 rekening.

  • Rekening 1: untuk menerima gaji. Saat menerima gaji, sisakan sebesar pengeluaran rutin + 50% budget pengeluaran entertainment. Sisanya pindah ke rekening 2.
  • Rekening 2: untuk saving, tempat menyimpan dana cadangan capex n invest.

5. Segera coba. Jangan rencanakan. But start it soon :). Pengelolaan yang terperinci bukan untuk mempersulit, tapi menerjemahkan pendapatan kita ke banyak kebutuhan dan “keinginan” yang kita miliki.

~ by Zizima on November 11, 2009.

7 Responses to “Tetep Tenang Saat Gajian”

  1. Woahh, keren. Safir Senduk bakal tersaingi nie😀

    Betul! First thing first alias prioritas juga penting bgt. Jgn sampai mata ijo waktu liat gaji n gak tahan buwat shopping.
    Kan g seru kalo gaji cuma numpang lewat di rekening kita🙂

    Reply:
    Pengalaman pribadi ni Uphiet.. biar sekaligus jadi reminder buat diriku sendiri😀
    YUuuk.. smart spending, best shopping, will lead us to best saving n great investmen ^^

  2. Kmu dah gajian ??.. Aq ko’ blm ya?.. Yalahh… baru tanggal segini…hehe🙂. Alhamdulillah…beberapa point dah aq jalanin. Cuma tabungannya ko’ lama nambahnya yaaa??.. heehe.. Maklum boros biaya hidup.. Untungnya aq masih bisa bedakan antara apa yg namanya ‘Keinginan’ dan ‘kebutuhan’… So far so good lahh…😀

    Reply:
    belumm,,,, gajian di corporate malah tanggal 1 lhoo. terakhir setelah OPU😀
    Bener.. bedakan itu keinginan ma kebutuhan. Bedaaaa banget. Tetep semangat buat smart spendingnya yah ^^

  3. Mantap sekali zizi, dari dulu pengen punya dua rekening ga kesampaian🙂

    Reply:
    semangatlah.. satupun tidak jadi soal, yang penting well managed ^^

  4. Duh,.. jadi malu neh,. Selama ni aku termasuk orang yang kurang peduli ma budget management. Parahnya,.. bahkan aku gag pernah begitu yakin berapa nominal “sisa gaji” yang ada di bank.

    Artikel yang ruarr biasa. I think I’lll try to applied it right now.

    Thank’s berat. ^_*

    Reply:
    Hehehe, itu gak ingat sisa gaji cz kebanyakan sih sisanya.. ^^
    Yuk, smart spending for great incomen management🙂

  5. Artikel yg sgt berguna mbak…
    Sama kya yg komentar sebelumnya,, bbrp hal ud q coba, ky punya 2 rek,, nyoba ngatur saving, dll. Klo ak mungkin blm smpe sedetail itu,, paling q tiap bulan netapin dlu brp yg akan di-saving, bru yg laen2 alokasinya diatur..
    Oiya,, krn bbrp hal, blog yg wordpress q DEL,, ni nemuin blog yg udah q bikin thn 2008, tp blm q isi2 coz lupa passwordx,, eh taunya kmrn ketemu…
    ttp terus dg artikel2 yg menarik ya…

    Reply:
    Hai Anto.. Thank u for visiting ya.
    Memang perlu waktu buat sampe ketemu well managed income. yang penting tetep usaha..🙂
    Siip… sama-sama🙂

  6. Sebagian besar udah saya praktekin mbak dan hasilnya memang bagus.. Alhamdulillah hasil yg ditabung sudah bisa buat nyicil rumah😀. Thanks tutorialnya

    Reply:
    selamat udah bisa merasakan manfaatnya🙂

  7. Heeeeeeehhhhhhhh, buanyak buangeeeeeeet…. Aku belum punya penghasilaaaaaaaaan ( volunteer euy ), xixixixixixixixi…… Tapi boleh juga gambarannya… Lumyan bida manage buat menaklukkan jakarta ^^

    Reply:
    yang penting ada infonya.. pas hari H tinggal aplikasi.
    Taklukkan jakarta? Yuk monggo, mariiii😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: