“Do and Don’t” List Buat Yang Punya Maag

Penyakit maag pada dasarnya bisa menyerang siapa aja tanpa ampun. Pada umumnya, penyakit maag bisa terdeteksi saat lambung sedang mengalami “konflik” hebat karena berlebihnya asam lambung yang dihasilkan oleh lambung. Pada kondisi ini, gejalanya adalah mual, perut perih serasa dililit, dan bahkan bisa disertai dengan diare. Jika sudah pernah mengalami kondisi di atas, penyakit maag bisa di cegah dengan berbagai cara🙂

Do:

  • Makan teratur
  • Jaga konsistensi porsi makan (sedikit tapi berulang kali, bukan banyak tapi sekali aja)
  • Sediakan biskuit untuk camilan
  • Banyak minum air putih
  • Jaga olahraga
  • Keep relax
  • Makan pisang, karena buah pisang mengandung zat pektin yang dapat melapisi lambung dari zat asamnya
  • Jaga berat badan
  • Saat perut kosong dan tiba waktu makan, makan pelan-pelan, jangan langsung “gerudukan” porsinya.

Don’t:

  • Makan telat
  • Makan dan minum yang asam-asam (yoghurt, jus mangga, cairan yang mengandung cuka, jeruk)
  • Susu yang mengandung gluten
  • Roti dengan banyak zat pengembang
  • Makan ketan pas perut lagi kosong
  • Makan dengan porsi kaya habis kerja bakti pas perut habis kosong
  • Stress atau memikirkan sesuatu dengan derajat kekhawatiran yang tinggi
  • Kurangi atau tidak merokok
  • Makan makanan pedas

Tetep jaga kesehatan ya🙂

~ by Zizima on January 7, 2010.

5 Responses to ““Do and Don’t” List Buat Yang Punya Maag”

  1. wah yg pertama nih🙂

    pertama mo ngasih komen sm foto barunya, wah maniez, pada klepek2 nyungsep deh kalau ada mas-mas “mampir” di sini😛

    iya tuh betul, pas pulkam kmrin terlalu euforia sm makanan, smua dimakan, dan berakhir muntah n sakit perut, hu hu

    di antara makanan yg harus dihindari aku paling gak bs ngindarin: makanan pedas (udh mendarah daging kalo g pedes poll g enk), yg asam2, sm mkn buanyak pas perut kosong (nah ini, aku sering tak rapel kalo makan, jarang makan tapi skali makan banyak), haduhhhhh……. kebiasaan buruk yg sebisa mungkin hrs dihindari😦 walau susah😦

    mksh infonya

    Reply:
    wiih… makasih.. jadi maluuu^^

    Sama miyosi, aku juga menyadari kalo pola makannku kurang sehat (ya dari apa yang di makan n ritme makanannya), sampe akhirnya aku kena maag. Setelah kupikir, kalo gak dijaga takutnya ada banyak yang “protes” ntar organnya. yang aku ngeri ama usus buntu cz aku juga suka makan pedes… , Makan telat juga sering.

    Ayo jaga pola makan ^^

  2. iiihh, bener itu :p
    bisa gak makan pisang diganti jus mangga aja?? Hehe…

    Reply:
    Habis gitu langsung klepek2 cz perih banget perutnya😀

  3. wah, hebat!!.. sharing pengalaman dijadikan artikel yg berguna bagi org lain. Btw ‘gerudukan’ opo artine ???.. gak sesuai EYD nih.. hahaha….
    Kalo ada waktu, bisa ditambahin ama artikel resep2 tradisional bila maag menyerang,….ok?…🙂

    Reply:
    Sekaligus buar reminder diri sendiri🙂
    Gerudukan= buru2= tergesa2. EYD bahasa jawa tapi masuk tuh, hehe.
    Masukannya boleh deh ntar dicari🙂

  4. Thanks for the great quality of your blog, each time i come here, i’m amazed.

    Cordialy

    Reply:
    thank you for visiting.. Im so great u like my blog🙂

  5. Ma,

    Lek gag punya riwayat penyakit maag, bisa nggak tiba2 kena maag.? Soale aku sering minum jus buah2an saat sarapan pagi.

    Reply:
    Bisa. Aku dewe ya gak punya riwayat penyakit maag. tau-tau perutku periiih n mual-mual. Selama 3 hari. Trus aku ke dokter, lha kok kene maag.
    Boleh aja minum jus buah, tapi jangan yang kecut2 ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: