Cirebon Ceria- Batik, Empal Gentong, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot

Melanjutkan cerita Persiapan Liburan ke Cirebon^^.

Kedatangan

Lagi tidur kebangun. Keretanya berhenti. Ternyata udah sampai… Perjalanan kurang lebih 3 jam setengah, jadinya sampai  di Cirebon jam 09.30. Perjalanan yang molor 30 menit ga kerasa juga sebenarnya. Tetep menyenangkan. Tetap ceria.

Sampai sana di jemput sama Pak De Bu De Mas Dimas n beberapa kru penjemput. Kita iring-iringan 3 mobil. Wah menyenangkan. Kesan  yang diperoleh dari 10 menit pertama setelah kedatangan:

  • Stasiunnya masih model lama. Bukan berarti jelek yah, tapi otenti. Bangunan atapnya tinggi dan kokoh.
  • Panas? jelas..
  • Belum terlalu kota.
  • Kayanya banyak makanan enak, hehe
  • G hectic

Tujuan Pertama: Pusat Batik

Di mulailah perjalanan. Berdasar tour guide-nya (tour guide-nya nih sodaraku dewe, ya setidaknya dia lebih paham mau dibawa kemana ini rombongan hebohnya) tujuan pertama kita ke pusat batik. Selama perjalanan, bener-bener tolah-toleh di pinggir jendela gitu saking semangatnya liat pemandangan, kotanya ga ada macet-macetnya. hehe.

Trus sampai deh di pusat batik. Ternyata dari stasiun g jauh kok, g sampe setengah jam. Di daerah mana ya? lupa euy. Pertama masuk ke Toko Batik Nofa. Sempat mbatin gini “waduh, beli batik aja ke butik. Alamat mahal. Tak beli di ITC kuningan aja wis…“. Jadi pertamanya cuma selonjoran di karpet ajah. Ama yang punya toko disediaan karpet plus minuman n ada krupuk putih kecil-kecil yang enak. hehe. Sodara-sodaraku pada semebar berburu. Ambil sana ambil sini. Pilih sana pilih sini. Coba sana coba sini. Masuk ke kamar ganti, trus teriak “pantes gak?”. Lama-lama jadi tergerak..  Berdirilah aku n menuju gantungan baju-baju. Bagus-bagus. Coraknya beda, modelnya baru. “Mbak, berapaan ya ini?” tanyaku sambil berbisik. “yang model itu enam puluh ribu mbak“. Hoooh, ternyata harganya logis. Kisaran harganya gak jauh-jauh dari angka itu. Kalopun yang harganya ratusan ribu cz modelnya gamis n kainnya yang bukan katun. Habis coba-coba, akhirnya dapet satu buat aku ke kantor n satunya buat ibu. Pas waktu aku tunjukkinke Tante, ternyata yang harusnya buat Ibu alamat ga cukup alyas kekecilan. Aku tanya ke mbaknya ternyata ga ada yang ukuran lebih gede lagi. Yawda deh beli punya aku dulu🙂

Masuk ke toko batik kedua, namanya Toko Batik EB. Tempatnya pas persis di depan Toko Batik Nofa. Tempatnya lebih luas. Harganya juga lebih mahal euy.  Tapi emang variasi modelnya banyak, kain batik di sulap jadi beberapa model gitu.  Nice. Disini cuma belikan kain batik buat Ibu aja. Habis gitu cabut.

Empal Gentong, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot

Habis ke Toko Batik waktunya makan siang deh..  Di Toko Batik EB belakangnya ada rest place yang lengkap. Mulai jajanan, tempat makan n musholla. Tempatnya oke punya loh. Ada bandulannya.. hehe, gak penting kali ya kalo yang ini.

Menunya ada banyak pilihan, nasi lengko, empal gentong, nasi jamblang, n tahu gejrot. Heeem.. enak semua nih. Pilihan jatuh ke nasi empal gentong. Belum pernah makan. Dulu Bapakku waktu di Malang suka beli ini yang ada di depan pasca sarjana Brawijaya. penasarn jadinya, hoho. Sodaraku ada yang pesen macem-macem.

Datanglah pesananku.. Empal gentongnya di pisah ama nasinya. Nasi di piring, empal di mangkuk. Wii, menggoda. Tapi kok porsinya dikit yah?? Atau emang aku yang menerapkan standar porsi yang terlalu tinggi? Rasanya? Enak bangeeet. Jadi ni rasanya semi-semi gulai gitu. Tapi isinya jerohan n empal dkk yang dikasih kuah santan kuning. Enak banget… Ternyata belum kenyang. Ngelirik makanan adikku, nyobain nasi jamblang 2 sendok saja. Enak juga. Sedap-sedap. Nasi jamblang itu kaya nasi uduk yang dikasih lauk tempe yang di goreng tepung, sate kentang, sambal goreng kentang, daging berbumbu, telor berbumbu, ama perkedel kentang. Siip. Oya, ada sambelnya juga.

Buat penutup, makan tahu gejrot. Wiih.. sedap nian. Tahu gejrotnya beda ama yang pernah aku makan kalo sore-sore kantor. Lihat tahu gejrot jadi ingat pretty, hehe. Masih dua tusuk, mangkuk tahu gejrotnya di pindah. Wah aku cari pelarian deh, makan kerupuk di siram kecap. Boleh dicoba loh.. Kalau ga malu aja.

~ by Zizima on February 11, 2010.

12 Responses to “Cirebon Ceria- Batik, Empal Gentong, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot”

  1. skrinsyut-nya?

    Reply:
    berliburan sama adik-adik kecil jadi lupa ama kamera mas…
    cz ditangan udah penuh ama tas n air minum😀

    aslinya sii pengen foto, hehe

  2. Makanan cirebon yg banyak mengandung filosofi adalah DOCANG. Coba dulu terus temukan filosofinya.
    Salam

    Reply:
    wah, makasiih.. ntar dicoba untuk kunjungan selanjutnya yah🙂

  3. zemangat siang sahabat, uni kangen tahu gejrotnya😀

    Reply:
    tahu gejrot emang enaak.. apalagi kalo maemnya pas angin lagi semilir2😀

  4. wahhhh…kayaknya patut dicoba tu…dari dulu kalo dicirebon itu cuma numpang lewat doank! hehehe… lain kali harus mampir ne setelah baca acara kulinernya izma hehehehe… ^^

    Reply:
    Yuk monggo mari.. kudu mampir mas😀

  5. kapan ya bisa mampir? secara kalo pulkam naek bis (mana bisa turun), ato naek kereta (ga lewat jalur utara) ato kalo kepepet naek pesawat (ga mungkin kan terjun payung trus naek lagi xixixi….) hm…berarti harus segera beli mobil ne…huff…nabung…nabunggggg…. ^-^

    Reply:
    Kali gitu bukan mampir statusnya mas.. tapi memang bener-bener ditujukan buat ke cirebon. naek kereta, enak. apalagi kalo rame2.. tambah asik ajah tuh🙂

    Aku doakan cepet tercapai semua impian n mimpinya yah.. amiin🙂

  6. hahaha…impian dan mimpi yang aneh… ^-^

    iya kalo rame-rame trus sambil jadi backpacker mengunjungi banyak tempat lebih seru lagi…(dah lama ga melakukan itu…)

    Reply:
    kayanya enak jadi backpacker. aku bukan udah lama ga melakukan itu mas.. tapi ga pernah.. melas tenaan😀

  7. Ke Cirebon, baru sekali. Makan nasi nasi jablay jamblang sama empal gentong, terus ke keraton Cirebon.
    Nasi jamblang emang porsinya segitu, kek nasi kucing. Empal gentong mang … mang siapa ya… lupa namanya, katanya paling terkenal di sana, Iz.

    Reply:
    Nasi jablay? jadi inget ama Titi Kamal😀
    Wah, belum sempat ke keraton Cirebon. bagus kah? hoho… dimana aja, memang yang paling diinget cuma satu “Makanan”

    • Oh empal gentong mang darma… baru inget😀

      Reply:
      Ohlala… aku empal gentong apa yah namanya? saking semangatnya sampe lupa.
      di belakangnya toko batik EB, hehe.
      Jadi pengen kesana lagi ^^

  8. jangan lupa manisan sinta. itu mantap sekali!

    Reply:
    Boleh dicoba di kunjungan selanjutnya.. thank for the info🙂

  9. wah…seru ya jalan2nya!aku yang orang cirbon jarang bisa pulang.jadi kangen sama ortu&tentu masakanya…….{:

    Reply:
    Cirebon banyak banget makanan khasnya.. yang paling berkesan: Tahunya. Empuk banget.
    Sekarang ada dimana kok jarang pulang? Sukses yah🙂

  10. ketik2 batik bisa ke sini ya..
    WUihhh
    ha3..
    Salam..

    Reply:
    Salam kenal yah🙂

  11. Itu semua dmna nya cirebon?? kok ak gak tw ya ada pusat batik d deket stasiun, deket empal gentong lg…

    Reply:
    Dimananya yaah? sekitaran sanalah, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: