Jakarta Sour Soup (Sayur Asem)

Lagi seneng masak memasak. Berawal dari Aa yang katanya suka banget sama sayur asem n aku sama sekali belum pernah nyoba praktek masak itu, maka pas Mbah Ti datang dari pasar bawa bahan-bahan sayur asem, langsung, singsingkan lengan baju n kursus dadakan, hihi.

Kesimpulannya? engga susah (padahal kemarin pas masak sampe keringatan heboh, hehe). Oya, kalo di jakarta sini kan enak ya, kalo pas belanja, tinggal bilang aja mau masak sayur asem, ntar langsung dibungkusin bahan-bahannya (bukan bumbunya lho ya..). Beda sama di Malang yang kita sebagai pembeli mesti pilih-pilih n takar sendiri.

Yuk intip dulu hasil masakanku ini:

Gimana? Kayanya sih aku ambilnya kedekatan ya? yo wis, sing penting ada bukti otentik, hehe. Lah pas gambar ini aku tunjukkin ke Aa malah dia engga percaya klo itu hasil masakanku. (walah nasibmu, nduk!). Tunggu nanti tiba saatnya, hoho.

Bahan:

Untuk bahannya sebenarnya tinggal bilang ke tukang sayurnya, nanti sudah disiapkan sebungkusan gitu yang kira-kira bisa di buat 1 panci sayur asem. Tapi kalo engga ada, maka bisa disiapkan bahan-bahan ini:

  • Daun melinjo 1 ikat
  • Biji melinjo 1 ons
  • Jagung manis 1 batang (potong dengan ketebalan 1,5 cm)
  • Manisa 1 buah (yang kecil aja, potong dadu)
  • Pepaya muda 1 ons (potong dadu)
  • Nangka muda 1 ons

Bumbu:

  • Bawang putih 3 buah
  • Bawang merah 2 buah
  • Kemiri 2 buah
  • Cabe rawit 3 buah (jika suka pedas, bisa ditambahkan)
  • Tomat 1 buah
  • Terasi 1/2 sdt
  • Lengkuas 3 cm
  • Asem 1/2 ons
  • Gula 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
  • Air 600ml

Cara membuat:

  • Cuci bahan dan bumbu.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kemiri, tomat, dan terasi.
  • Memarkan lengkuas
  • Didihkan air 600ml
  • Masukkan bumbu halus dan asam kedalam air mendidih hingga harum.
  • Masukkan bahan-bahan (daun melinjo dan kawan2)
  • Masukkan garam dan gula
  • Jika bumbu sudah menyatu, angkat asem dari air agar tidak merusak warna. Cicipin dulu ya.
  • Sajikan.


~ by Zizima on June 21, 2010.

2 Responses to “Jakarta Sour Soup (Sayur Asem)”

  1. Lho kok masih gambarnya doang yang dikasih ke Aa? Suruh ngerasain rasanya dong?

    Reply:
    hihihi, iya kemarin engga sempat ketemu pas masakannya udah jadi.. sementara gambarnya dulu, xixi.

  2. kesan pertama,.. ya jadi laper. Hehehe,..
    Ini enaknya dolan ke blog-e isma, isok mencicipi macem2 masakan (ya,. meski cuman bisa ngiler sambil mbayangin tuh masakan ada di depan mata.)
    Mungkin bisnis kuliner cocok neh buat Isma, secara Isma kan pinter masak,.

    Keep writing ya Isma,.. en also keep cooking ^_^)y

    Reply:
    hihhi, kadang foto ama rasa bisa terjadi deviasi😀
    Amiin.. semoga ntar suatu saat bisa buka bisnis makanan (tambah subur ae aku ya, haha)
    Tengkyu for visiting🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: